Bangsa ini bukan milik satu agama,satu ras,ataupun satu budaya,ini INDONESIA. #indonesia#negeriku.

Tari

Hasil gambar untuk gambar budaya indonesia




Tari adalah seni yang memakai gerakan tubuh,ekspresi jiwa,ekspresi hati yang mengikuti irama musik atau gamelan yang diubah kedalam imajinasi dalam bentuk gerak yang simbolis dilakukan pada saat acara tertentu untuk keperluan umum atau pribadi untuk mengungkapkan
perasaan,tujuan,dan pikiran.

Unsur-unsur tarian:
  • Ragam gerak : Salah satu unsur yang paling utama dalam tarian karena nama tari juga dapat diambil dari serangkaian gerakan yang dikandungnya dan menggunakan semua gerakan tubuh.Seperti tari perang,tari jaipong,tari kecak,tari lambi joget,tari lenggo,tari lompat batu dsb.
  •  Iringan : Bentuk iringan tarian yang bisa berupa jenis tarian eksternal maupun internal. Misalnya tarian saman yang menggunakan iringan musik tepukan dada,bernyanyi,dan telapak tangan.
  • Kostum penari : Estetika yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah bentuk tarian.Beberapa tari memiliki nama/judul dengan mengambil jenis kostum yang dikenakan pemainnya. Contohnya tari barong,tari arjuna cakil,tari nakula-sadewa dll
  • Pola lantai : Sebuah posisi yang dilakukan penari tunggal maupun kelompok.Pola lantai pada suatu tarian berupa asimetris,simetris,garis lurus,lingkaran,dan lengkungan.
  • Isi cerita : Nama tarian bisa juga dapat diambil dari isi cerita.Seperti tari remo,tari gandrung,tari inabar ila,tari ramayana,tari gambyong dsb.
  • Properti : Penamaan tari juga dapat dilakukan dari perlengkapan yang digunakan.Misalnya tari ondel-ondel,tari reog,tari kuda lumping,tari kipas,tari lilin,tari piring,tari payung dll.
 Menurut jenisnya tari dibagi menjadi:
  1. Tari tradisional : Tari yang sejak dahulu ada dan berkembang dikalangan masyarakat yang diwariskan secara turun temurun.
  2. Tari klasik : Tari yang berkembang di kalangan bengsawan istana.Aturan tarian ini baku maksudnya sudah tidak boleh diubah lagi.Gerakannya anggun kostumnya mewah.Contohnya tari bedhaya serimpi,tari sang hyang,tari topeng kelana.
  3. Tari tradisisonal kerakyatan : Tari yang berkembang di kalangan rakyat biasa.Busanannya relatif sederhana.Sering ditarikan pada saat perayaan sebagai tari pergulan.
  4. Tari kreasi baru : Tari yang dikreasikan  lepas dari standar  tari yang baku.Pada garis besarnya tari kreasi baru dibedakan menjadi 2 golongan,yaitu:Tari kreasi beru berpolakan tradisi dan tari kreasi baru tidak berpolakan tradisi (Non tradisi)
  5.  Tari kontemporer : Tari yang memiliki arti simbolik yang terkait dengan koreografinnya bercerita tentang gaya yang unik.
Berdasarkan koreografinnya,tari dibedakan menjadi :
  • Tari tunggal atau tari solo : Tari yang dibawakan atau dimainkan oleh seorang penari atau dua orang penari tetapi secara bergantian,biasannya tari ini menggambarkan watak seorang tokoh maupun bianatang.Tari tunggal tercipta di keraton atau kerajaan.Contoh tari tunggal yaitu tari pendet,tari gambyong,tari cokek,tari serimpi,tari mani purentari golek manis,tari golek kenya dsb.
Ciri-ciri/karakter tari tunggal:
a.Mempunyai gerak dasar yang sulit dengan komposisi ang bervariasi.
b.Gerakan kebanyakan improvisasi.
c.Kebanyakan memperagakan sebagai kepalawanan.

Unsur gerak tari tunggal : Gerakan kecil bagian tubuh.
~ Pola irama 2/4 : Dalam satu rangkaian gerak memiliki dua unsur gerak.
~ Pola irama 3/4 : Dalam satu rangkaian gerak terdiri tiga unsur gerak.
~ Pola irama 4/4 : Dalam satu rangkaian gerak terdiri dari empat unsur gerak.
  • Tari pasangan : Tari yang diperagakan oleh dua orang secara bersamaan/berpasangan.Contoh tari pasangan yaitu tari wireng,tari regol gunung sari,tari driasmara,tari langgen asmara,tari karonsih dll.
  • Tari kelompok : Tari yang dimainkan oleh lebih dari 2 orang.
Dalam tarian kelompok pola harus diperhatikan,ada beberapa macam pola yaitu :
  1. Pola lantai vertika : Pola lantai ini penari membentuk garis lurus dari depan kebelakang atau sebaliknya.
  2. Pola lantai Horizontal : Pola lantai ini penari berberi membentuk garis lurus kesamping.
  3. Pola lantai diagonal : Pola latai ini penari berbaris membentuk garis menyudut kekiri atau kekanan.
  4. Pola lantai melingkar : Pola lantai ini penari membentuk garis lingkaran.
 Contoh tarian kelompok :
* Tari Poh Kipah : Tarian ini berasal dari Nanggroe Aceh Darussalam,terdiri dari delapan penari.
* Tari Bedaya Arjunawiwaha : Bedaya merupakan tarian wanita yang terdiri atas sembilan penari.Tari ini termasuk tarian yang tua usiannya.Pada zaman Sultan Agung (abad ke-17) disebut bedaya ketawang lestari di keraton Surakarta.Di Yogyakarta,bedaya semacam ini tinggal puing-puing saja padahal tari bedaya semang merupakan sumber tari bedaya dan semua tarian wanita lainnya.
*Tari Wayang Wong arjunawiwaha : Bedaya Arjunawiwaha hanya mengambil sesuatu dalam cerita,sementara Arjunawiwaha dalam wayang orang sangat menonjolkan watak-watak dan jalan cerita secara keseluruhan.Oleh sebab itu,pola-pola watak sangat diperhatikan.
*Tari serimpi : Tarian ini diciptakan pada zaman Sultan Hamengku Buwono V (1822-1855) dikenal dengan nama "Srimpi Hadi Wulangun Bronto" sekarang lebih dikenal dengan Srimpi Renggowati.
* Tari Topeng Malang : Tarian ini sering juga disebut Wayang topeng,sekarang terdapat dibeberapa desa disekitar Kota Malang.Dahulu sebenarnnya tersebar sampai ke Tanggulangin dan Sidoarjo.Para pelakunnya laki-laki saja,tokoh putri pun dimainkan oleh laki-laki.Sebuah rombongan umumnya terdiri atas tujuh sampai sepulu orang penari yang memerankan 25-30 tokoh topeeng
* Tari Kecak : Tari Kecak berasal dari Bali.Tari kecak merupakan sebuah pertunjukkan seni khas Bali yang sudah banyak dikenal di penjuru dunia.Tari kecak pertama kali dilakukan sekitar tahun 1930.Yang membuat tari kecak begitu istimewa adalah semua musik dan suara berasal dari manusia.Suara manusia yang kompak dan beruntun membuat suasana benar-benar hidup.Hanya ada beberapa suara yang berasal dari kencringan (gongseng) di kaki beberapa penari.
* Tari Kuda Gepang Siba : Tari kuda gepang siba berasal dari Desa Barikin dan Kayubawang.Tari kuda gepang siba mempunyai ragam-ragam dan gerak campuran antara wayang wong dan japin.
* Tari Saman : Tari saman berasal dari Aceh.Tarian ini dimainkan oleh penari-penari pria dengan posisi duduk bersaf-saf,namun oleh perkembangan zaman tari saman juga menghadirkan penari-penari wanita.Jumlah penari berpuluh-puluh orang dan lebih baik jika jumlahnnya ganjil.
* Tari Wayang orang Swidari : Wayang ong atau wayang oran lahir di Surakarta pada zaman sri Mangkunegoro 1.Jenis kesenian ini tumbuh dan berkembang sertam mencapai puncaknya pada masa Mangkunegoro VII.Hal yang istimewa dari tari ini adalah karena para penari wayang wong bukan bukan saja harus tau jalannya lakon,melainkan ia harus tau aka watak dan menembung supaya dapat memberikan suasana pada adegan adegan tertentu.
* Tari Panas Pela : Pela adalah salah satu bentuk kekerabatan antara dua negeri atau lebih di Maluku.Tarian ini dibawakan oleh empat puluh orang penari,terdiri atas sepuluh orang penari laki-laki dan tiga puluh penari perempuan.

Fungsi tari :
  1. Seni tari sebagai sarana upacara.
  2. Seni tari sebagai media pendidikan.
  3. Seni tari sebagai penyaluran terapi.
  4. Seni tari sebagai hiburan.
  5. Seni tari sebagai katarsis. 
  6. Seni tari sebagai media pergaulan.
  7. Seni tari sebagai pertunjukan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clock

visitor

Search This Blog

Blog Archive

Powered by Blogger.

Song

Budaya Jawa

Mengenal Budaya Jawa Menurut kamus KBBI, Budaya diartikan sebagai pikiran, akal budi, atau adat istiadat. Menurut Koentjaraningrat seba...

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.